Facebook Ilmuwebsite

Kenalan dengan Macam-macam Ribbon Ms.Powerpoint

Salam, bahasan perdana kali ini kita akan coba berkenalan dengan ribbon summary dari Microsoft Office 2010, ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak orang tapi in sha Allah akan tetap bermanfaat bagi yang belum kenal dan mau kenalan, bagian ini adalah bagian pertama yang akan dilanjutkan dengan bahasan studi kasusnya, selamat menyimak :-)

Summary Ribbon

Ribbon adalah fasilitas berupa sekumpulan menu jalan pintas yang baru di Power Point 2010, menggantikan sistem tab menu tradisional. Ribbon ini bisa berupa tab menu dan bisa juga berupa ikon. Hal ini dirancang agar responsif terhadap keinginan Anda dan mudah digunakan. Bagian utama dari Ribbon adalah Ribbon Tabs yang berisi sebanyak 7 (tujuh) menu utama yaitu: Home, Insert, Design, Animations, Slide Show, Review dan View. Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagian-bagian dari Ribbon.

1.  Ribbon Tab Home


Ribbon Tab Home adalah menu yang paling pertama yang didalamnya terdapat 4 (empat) grup tool dengan fungsinya masing-masing yaitu: Clipboard, Slides, Font, Paragraph, Drawing dan Editing. Grup tool ini berfungsi;
  1. Clipboard, memungkinkan Anda menggunakan tombol copy, paste, cut, dan format painter.
  2. Slide, didalamnya terdapat tombol add slide, layout, reset dan delete.
  3. Paragraph, didalamnya terdapat tombol untuk mengatur posisi rataan (alignment), bullet and numbering, line spacing, dan beberapa tombol untuk mengatur paragraph.
  4. Drawing, didalamnya terdapat tombol Text box, Austoshape, Arrange, Quick Styles, Shape Fill, Shape Outline, dan Shape Effects.
  5. Editing, didalamnya terdiri dari tombol Find, Replace, dan Select.

2.  Ribbon Tab Insert        


Ribbon tab Insert bertujuan untuk memasukkan sesuatu obyek dalam slide presentasi. Tab Insert terdiri dari beberapa group tool, antara lain:
  1. Tables, perintah untuk menambahkan table pada tampilan slide Anda.
  2.  Images, untuk memasukan gambar, clipt art, screenshot dan photoAlbum
  3. Illustrations, didalamnya terdapat tombol yang bisa Anda gunakan untuk menyisipkan gambar, clipart, photo album, shapes, smartart, dan chart (grafik).
  4.  Links, meliputi tombol yang dapat digunakan untuk membuat link pada slide
  5. Text, memasukan teks box, header dan footer, WordArt, Tanggal dan Jam, Penomoran slide, dan objek dari luar aplikasi.
  6.  Symbol, memasukan simbol dan menulis rumus
  7.  Media Clips, untuk menambahkan file sound (suara) atau movie (film) dalam slide.

3. Ribbon Design



Ribbon tab Design, berkaitan dengan desiain slide pada presentasi. Tab Design terdiri dari beberapa tool group, antara lain Page Setup, Themes, dan Background, berfungsi untuk mendesain slide Anda. Berikut adalah penjelasannya : 
  1. Page Setup,didalamnya terdapat tombol untuk mengatur model dari slide, ukuran slide dan apakah model portrait atau landscape.
  2. Themes, berkaitan desain tema yang sudah disiapkan oleh Ms. PowerPoint 2010.
  3. Background, untuk mengatur latar belakang agar slide tampak lebih hidup dan indah, kita juga bisa mengatur, memasukan background secara mandiri disini.

4.   Ribbon Tab Animations 

   
Pada Ribbon Tab Animations mengatur animasi dalam presentasi. Melalui tab ini  Anda bisa menambahkan berbagai macam bentuk animasi pada slide Anda. 

Terdapat 4 tool group yang bisa Anda gunakan, antara lain :
  1. Preview, tombol ini biasa juga disebut pratayang atau melihat sementara hasil dari animasi yang Anda berikan untuk slide Anda. 
  2. Animations, Anda dapat memilih animasi bagi objek yang ada pada slide, terdiri dari animate dan custom animations.
  3. Advanced animation, tambahan animasi lebih lanjut
  4. Timing, untuk mengatur durasi slide dan urutan.

5.  Ribbon Slide Show


Ribbon Tab Slide Show mengatur bagaimana slide ditampilkan dalam presentasi, termasuk didalamnya misalnya dari slide berapa yang akan pertama ditampilkan.Menu Slide Show terdiri dari beberapa tool group, antara lain :
  1. Start Slide Show, untuk menentukan dari mana slide Anda dijalankan, apakah dari awal (from beginning) atau dari slide yang sedang aktif (from current slide show) atau pilihan Anda sendiri (custom slide show).
  2. Set Up, pada tool group ini terdapat tombol yang bisa digunakan untuk menyembunyikan slide (hide slide), merekam narasi (record narration) dan menentukan urutan slide (rehearse timings) yang akan ditampilkan. 
  3. Monitors, Anda bisa mengatur resolusi dari slide presentasi Anda pada tool group ini.

6.  Ribbon Review

      

Sesuai dengan namanya, maka Review digunakan untuk mereview slide presentasi sebelum disimpan, dicetak atau dipresentasikan. Terdapat tiga tool group pada Ribbon Tab Review ini, antara lain : Proofing, digunakan untuk melakukan pengecekan pada tata tulis yang Anda buat di slide. Language, Comments, Anda bisa memberikan catatan pada slide yang Anda buat dan Compare, untuk pengaturan comment.

7.  Ribbon View

Menu View berkaitan pilihan-pilihan tampilan slide apakah dalam mode normal ataukah Anda memilih yang lain. Tool group yang terdapat pada Ribbon Tab ini antara lain:
  1. Presentation Views, pada bagian ini Anda dapat melihat keseluruhan dari slide yang telah Anda buat. Anda bisa melihatnya secara normal, slide sorter, notes page, dan slide show. Selain itu Anda juga dapat membuat slide Master sesuai dengan desain yang Anda inginkan.
  2. Show/Hide, untuk membantu Anda dalam membuat slide presntasi, Anda bisa menampilkan penggaris (ruler) dan garis bantu (gridlines).
  3. Zoom, Anda dapat memperbesar ukuran slide yang Anda buat atau secara normal.
  4. Color/Grayscale, Pada bagian ini Anda dapat menentukan apakah slide yang Anda buat berwarna (color) atau hitam putih (grayscale).
  5. Window, Anda manata tampilan window PowerPoint apakah secara cascade, split, atau berpindah ke window lain.

8.  Ribbon Transition

Menu View berkaitan pilihan-pilihan gerak slide yang mencakup preview, Transition to this slide, dan Timing.
  1. Preview, pada bagian ini kita bisa melihat tampilan slide saat dijalankan
  2. Transition to this Slide, Transisi slide yang aktif.
  3. Timing, pengaturan waktu gerak slide, apakah secara otomatis atau klik mause

9.  Ribbon Format Shape Word Art        


Saat kita membuat objek maka akan muncul ribbon Format yang berhubungan dengan pengaturannya, warna objek, Outline, Effek objek,posisi objek, ukuran dst.

10.  Ribbon Format Gambar

           

Saat kita membuat objek gambar maka akan muncul ribbon format gambar yang berhubungan dengan pengaturannya, Remove background berhubungan dengan pengaturan warna, lebih terang, warna, dan effek artistik, Picture styles adalah style gambar, border, effek dan layout, juga Arrange, berhubungan dengan posisi gambar dan Size, pengaturan ukuran tinggi dan lebar gambar dan kroping.

11.  Ribbon Design Table



Saat kita membuat Tabel akan muncul ribbon Design, yang berhubungan dengan pengaturan, warna tulisan dalam tabel, border, ataupun tebal tipisnya garis.

12.  Ribbon Layout Table

               

Saat kita membuat Tabel akan muncul ribbon Layout, yang berhubungan dengan pengaturan table, baris dan kolom, pengabungan baris/kolom, margin cell, lebar dan tinggi tabel dan pengaturan posisi tabel.

13.  Ribbon Layout Chart



Setelah kita membuat Grafik/Chart akan muncul ribbon Layout, yang berhubungan dengan pengaturan chart tadi, Insert gambar, objek, dan text box, juga chart title/judul tabel, legend, pengaturan background, dst. 

Masih ada beberapa bagaian yang belum dikenalkan dan kita akan kenalkan di bahasan berikutnya.. 

Semoga bermanfaat

Download Gratis Koleksi 7 Ebook Dan 3 CD Video Tutorial Seputar Web Development - Internet Marketing!

Kabar baik untuk Anda yang ingin belajar web development dan internet marketing, kami menyediakan ebook berkualitas namun free, yang mana beberapa ebook telah menjadi modul kuliah di beberapa kampus di Indonesia. Telah mendapatkan ratusan testimoni, telah direview banyak orang, dan banyak orang juga telah mendapatkan manfaatnya. Download Klik disini

Posting Komentar

0 Komentar