Facebook Ilmuwebsite

Ayo Tingkatkan Kinerja Komputer Anda Dengan Melakukan Lima Hal Ini!

Mungkin Anda pernah, atau seringkali menggunakan PC yang lemotnya ampun-ampunan. Speknya tidak memadai dan berbagai macam alasan lainnya membuat Anda tidak nyaman duduk bekerja di depan komputer. 

Kinerja komputer tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja pekerjaan Anda juga. Setinggi apapun skill seseorang, dia tidak akan bisa bekerja maksimal jika tidak didukung kinerja komputer yang memadai. 

Baiklah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi info, tips bagaimana cara mengoptimalkan kinerja komputer milik Anda. Mengganti dengan yang baru? Seringnya pikiran tersebut ada di dalam benak kita ketika menggunakan komputer yang lemotnya super duper. Tapi apadaya anggarannya pun tak ada. 

Paling tidak beberapa tips di bawah ini bisa jadi membantu Anda untuk mengoptimalkan kinerja komputer yang ada, penasaran ? check this out...

1. Buang Aplikasi Yang Jarang Digunakan

Kebanyakan orang menginstal berbagai macam aplikasi ke dalam komputernya . Hal ini bertujuan agar ketika kita membutuhkan fungsi dari aplikasi tersebut kita tinggal menggunakannya saja, begitu alasan yang biasa terjadi. 

Namun seringnya aplikasi yang di install jarangan dibutuhkan untuk digunakan, 
aplikasi tersebut hanya akan memenuhi space hardisk Anda, sehingga otomatis akan memperlambat kinerja komputer Anda, Jadi install saja aplikasi yang memang benar benar Anda butuhkan, itu akan lebih menghemat ruang di hardisk anda, dan tentunya mempercepat kinerja komputer Anda.

2. Start Up Program ? Yang Diperlukan Saja

Start up program merupakan program yang otomatis berjalan ketika komputer dinyalakan seperti anti virus dan lain sebagainya. Semakin banyak aplikasi berjalan ketika startup maka akan semakin lama proses booting anda, hal ini akan semakin memperlambat kinerja komputer anda. Jadi sebaiknya bijaklah dalam memilih aplikasi ketika startup. Cara menghilangkan aplikasi dari startup cukup sederhana Anda tinggal mematikannya lewat msconfig. Mengenai tutorial penggunaannya akan dijelaskan pada pertemuan selanjutnya.

3. Temporary File Numpuk ? Sebaiknya Dihapus

Temporary File merupakan file yang dibuat untuk menyimpan data sementara ketika anda sedang menjalankan sebuah aplikasi. Semakin banyak file yang anda buka, semakin sering, semakin lama maka temporary file pada pc anda akan semakin banyak dan menumpul. Jadi untuk mempercepat kinerja komputer sebaiknya anda hapus saja temporary file yang memang tidak akan anda gunakan lagi. Untuk menghapusnya ketikan tombol Windows + R-Ketikan temp kemudian enter dan akan terbuka sebuah jendela explorer yang berisikan file-file temporer pada komputer kita. hapuslah semua file sampah tersebut.

Selain menghapus temporary file, Anda pun disarankan untuk melakukan disk cleanup pada setiap partisi harddisk. 

4. Visual Effect, Matikan Saja

Tidak bisa dipungkiri memang betapa asiknya mata kita melihat visual effect yang ditawarkan di windows, namun taukah anda ? dibalik keindahan visual effect windows tersimpan kinerja komputer yang cukup tinggi. Jadi sebaiknya Anda atur visual effect yang memang tidak terlalu diperlukan. Lebih baik anda simpan kinerja komputer yang tadinya untuk visual effect menjadi kinerja untuk hal lain yang memang anda perlukan.

5. Perawatan Maksimal Untuk Komputer Tercinta

Sama halnnya manusia yang akan kelelahan ketika dipaksa untuk terus bekerja, begitu juga komputer anda, komputer anda perlu istirahat yang sesuai. Selain itu komputer juga butuh perawatan yang maksimal, anda juga kan ? 

Bersihkanlah hardware anda sejarang-jarangnya sebulan sekali untuk memastikan hardware anda bebas dari debu, karena debu juga merupakan faktor melambatnya kinerja komputer. Periksa juga kinerja fan anda, apakah masih bekerja dengan baik atau tidak. Periksa juga headsink pada processor anda, apakah sudah kering atau belum atau bahkan sudah menempel karena saking keringnya, lapisilah dengan termal paste agar processor anda tidak overheat. 

Bersihkan juga software anda, gunakanlah aplikasi maintenance komputer untuk memastikan komputer anda selalu sehat dan baik baik saja, scan juga sesekali menggunakan antivirus yang update tentunya.

Sederhana, namun terkadang jarang dilakukan sehingga masalah kecil semakin lama semakin besar, dan anda akan lebih banyak lagi mengeluarkan budget ketika permasalahannya sudah membesar. Jadi pastikan anda luangkan waktu untuk sekedar memanjakan komputer anda, sekian dan semoga bermanfaat.

Irfan Maulana


Download Gratis Koleksi 7 Ebook Dan 3 CD Video Tutorial Seputar Web Development - Internet Marketing!

Kabar baik untuk Anda yang ingin belajar web development dan internet marketing, kami menyediakan ebook berkualitas namun free, yang mana beberapa ebook telah menjadi modul kuliah di beberapa kampus di Indonesia. Telah mendapatkan ratusan testimoni, telah direview banyak orang, dan banyak orang juga telah mendapatkan manfaatnya. Download Klik disini

Posting Komentar

0 Komentar