Facebook Ilmuwebsite

3 Virtual Machine Pendukung Belajar Jaringan Komputer Dengan 1 Komputer

Bagi Anda pemula yang akan menginjakkan kaki ke dunia computer networking, tentunya mencari-cari cara yang tepat murah sekaligus mudah tanpa harus merepotkan diri dengan benar-benar membangun jaringan yang real.

Ternyata permasalahan ini pun memicu vendor-vendor aplikasi untuk kemudian mencarikan solusinya, seperti membuat berbagai macam aplikasi simulasi jaringan, "seolah-olah seperti jaringan yang sebenarnya", sampai dengan yang "memang jaringan". Nah yang seolah-olah ini ternyata memberikan teori dasar cukup kuat dalam jaringan yang realnya.

Sebagai contohnya untuk aplikasi simulasi seolah jaringan ini seperti ns-3, NetSimK dari Cisco dan banyak lagi. UNtuk bisa menggunakannya Anda harus mempelajari lebih dahulu teori dasar TCP IP. Banyak buku berbahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran TCP IP, seperti bukunya pak Onno W Purbo http://www.goodreads.com/book/show/3521292-buku-pintar-internet.

Setelah mempelajari dasar-dasarnya ada lagi yang memudahkan Anda belajar langsung jaringan komputer. Bukan seolah-olah, tapi memang bangun jaringan, hanya dengan 1 komputer Anda bisa membuat jaringan komputer. Apa bisa? Bisa, menggunakan Virtual Machine. Ada 3 virtual machine yang memudahkan Anda dalam belajar jaringan komputer, berbasis linux maupun windows. Itu pilihan Anda. Tapi yang jelas hanya dengan satu komputer saja, Anda bisa membangun jaringan. Dengan catatan komputer / PC / laptop Anda memiliki spek yang cukup untuk menjalankan Virtual Machine.

Virtual Box (Windows/Linux/Mac, GRATIS!)

Virtual box telah memiliki banyak pengguna yang loyal di seantero dunia, khususnya orang-orang yang biasa mengoprek jaringan telah sering menggunakannya. Di samping Freenya, virtual box telah mendukung cross-platform, tersedia diberbagai sistem operasi. Dan banyak sekali fitur yang disediakan, menjalankan satu,dua, atau banyak komputer dalam jaringan (dalam satu komputer). Tersedia juga fitur untuk sharing files, sharing drives, sharing peripheral, dan banyak lagi. Membuat 1 komputer, benar-benar jaringan yang real. Selengkapnya Anda bisa kunjungi di sini http://www.virtualbox.org/

VMWare (Windows/Linux, Gratis)

VMWare ini disediakan untuk desktop, tersedia dalam dua jenis, yang pertama adalah VMWare Player, dan satunya lagi VMWare Workstations. VMWare Player hanya bisa menjalankan komputer dalam 1 komputer. Sedangkan yang VMWare Workstation tersedia komplit, tidak hanya bisa menjalankan komputer dalam 1 komputer, tapi bisa membangun jaringan komputer dengan beberapa komputer hanya dengan menggunakan 1 komputer saja. Dengan catatan PC Anda sanggup dan tentunya memiliki spek yang tinggi. Anda yang ingin mencoba VMWare Workstation silahkan klik http://www.vmware.com/products/workstation/.

QEMU (Linux, Gratis)

Qemu merupakan aplikasi virtualisasi yang sangat powerfull, namun saat ini baru tersedia hanya untuk mesin linux saja. Di belakangnya sudah terdapat model KVM System (Kernel-based. QEMU menyediakan sebuah fitur yang menjembatani secara mudah antara virtual machine dengan PC yang realnya. Fitur dalam QEMU menjadikan cikal bakal adanya sistem cloud saat ini. Berbeda dengan Virtual Box dan VMWare, mempelajari QEMU mendapatkan pengalaman berbeda mengenai konsep Virtual Machine pada umumnya. Penasaran silahkan langsung saja di coba, download langsung di sini http://www.qemu.org


Semoga bermanfaat

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder kaffah.biz

Download Gratis Koleksi 7 Ebook Dan 3 CD Video Tutorial Seputar Web Development - Internet Marketing!

Kabar baik untuk Anda yang ingin belajar web development dan internet marketing, kami menyediakan ebook berkualitas namun free, yang mana beberapa ebook telah menjadi modul kuliah di beberapa kampus di Indonesia. Telah mendapatkan ratusan testimoni, telah direview banyak orang, dan banyak orang juga telah mendapatkan manfaatnya. Download Klik disini

Posting Komentar

1 Komentar