Facebook Ilmuwebsite

Cara Gampang Mengecek Kinerja Baterai Laptop Anda dengan Command Line

Baterai memang bagian penting yang dibutuhkan oleh pengguna laptop meski tanpa baterai pun laptop sudah bisa menyala dengan menyambungkannya pada konektor listrik tapi tentu ini berbeda dengan seseorang yang seringkali menggunakan laptopnya diluar kantor/rumah.

Tapi masih ada satu masalah yang bisa kita alami ketika menggunakan laptop diluar yaitu baterai yang kita pakai tidak bisa bertahan lama, wah pasti akan sangat menjengkelkan dan kita pasti berpikir ingin menggantinya dengan yang baru. Sebelum mengambil keputusan untuk mengganti baterai ada hal yang harus kita pertimbangkan yaitu mengecek kinerja baterai  yang selama ini kita pakai apakah ada masalah atau tidak yang bisa membuat  baterai cepat boros.

Diartikel kali ini saya akan menjelaskan Cara mengecek kinerja baterai pada laptop dengan COMMAND PROMPT (CMD) yang mana tujuannya supaya kita lebih tahu apa saja yang dikerjakan oleh baterai termasuk di antaranya adalah kapasitas baterai asli, kapasitas baterai yang efektif digunakan sekarang dan informasi tentang error yang terjadi pada baterai tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

1. Masuk ke sistem administrator CMD, caranya tekan tombol Windows, kemudian tulis CMD



2.  Lalu klik kanan pilih “run as administrator”.





3. Kemudian ketik powercfg -energy pada sistem administrator CMD tersebut lalu enter.



Maka sistem akan memprosesnya.

4. Ketika sudah selesai proses tersebut maka  akan muncul gambar sebagai berikut.



5. Pada gambar diatas ditunjukan bahwa terdapat lokasi file yang berisi data kinerja baterai kita. Yakni C:\Windows\system32\energy-report.html

Silahkan lihat di tempat penyimpanan Anda di folder C:\Windows\system32\. Untuk bisa membukanya silahkan copy kan terlebih dahulu ke folder lain di bawah my document, atau misalkan di drive D:\ misalnya.






Nah itulah Cara mengecek kinerja baterai pada laptop dengan COMMAND PROMPT (CMD) agar kita lebih memahami dan mengerti keadaan baterai kita sebelum melakukan penggantian baterai.

Semoga bermanfaat!

Download Gratis Koleksi 7 Ebook Dan 3 CD Video Tutorial Seputar Web Development - Internet Marketing!

Kabar baik untuk Anda yang ingin belajar web development dan internet marketing, kami menyediakan ebook berkualitas namun free, yang mana beberapa ebook telah menjadi modul kuliah di beberapa kampus di Indonesia. Telah mendapatkan ratusan testimoni, telah direview banyak orang, dan banyak orang juga telah mendapatkan manfaatnya. Download Klik disini

Posting Komentar

0 Komentar