WinDirStat : Tools Keren Untuk Mengecek Kesehatan Hardisk Anda

Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)


Mungkin anda pernah merasakan computer anda semakin hari semakin lambar, proses booting menjadi semakin lama, begitupun ketika anda membuka file atau mengcopy file. 

Kemungkinan hardisk anda bermasalah sangat tinggi ketika anda mengalami hal tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk mengenal aplikasi yang berfungsi untuk mengecek hardisk yakni Windirstrat.

Windirstat

Windistat merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk melihat statistic penggunaan hardisk di computer anda, selain itu Windistat memiliki cleanup tool untuk mengoptimalkan kinerja harddisk anda. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis, karena aplikasi ini berlisensi GNU GPL. Berikut adalah tampilan interface dari Windirstat 


Tampilan dari windirstat ini begitu sederhana, namun anda tidak perlu meragukan lagi kemampuannya. Untuk sekelas aplikasi gratisan Windistrat memiliki kemampuan yang cukup banyak.

Windirstat akan secara otomatis terkoneksi dengan Windows Explorer, jadi anda tidak perlu repot-repot membuka lagi windows explorer saat menggunakan aplikasi ini. Karena beberapa aksi yang biasa anda lakukan di dalam Windows Explorer bisa dilakukan di dalam aplikasi ini seperti menghapus file, membuka dan lain sebagainya.

Berikut adalah tampilan yang bisa anda temui di dalam Windirstat


Treemap List,

Treemap list merukan cara Windirstat menampilkan file-file di dalam windows dalam bentuk pohon. Di dalam treemap list harddisk digambarkan sebagai batang dan file digambarkan sebagai daun. Anda bisa menemukan dua jenis Treemap List berbeda dalam aplikasi ini yakni Sequoia View dimana pusat dari tree atau pohon berada di bagian sisi kanan dan KDirStat yang akan menampilkan tree dengan pusatnya yang berada di bagian bawah. Tidak hanya sebagai tampilan, Treemap ini akan mempresentasikan sebarapa banyak sih jumlah file yang terdapat di dalam harddisk anda.

Directory List

Directory List merupakan tampilan yang sama persis seperti windows explorer pada umumnya. Hanya saja Directory list di dalam Windirstat memiliki cara sendiri untuk mengurutkan file. Setelah proses scanning selesai dilakukan, anda bisa mengurutkan folder berdasarkan folter terbesar ataupun terkecil.


Extension List

Di dalam Extension List, Windirstat menampilkan seluruh extensi file yang ada seperti halnya *.docx, *.xlsx, *.psd dan lain sebagainya. Di dalam extension list, seluruh file ditampilkan secara detail,  seperti ukuran file, presentase, jumlah file di dalam harddisk. Untuk pengurutannya sama persisi dengan windows explorer dalam mode detail, yakni anda cukup klik pada bagian atas (header) table.

Untuk mencoba aplikasi ini anda bisa langung mendownloadnya disitus resminya. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Irfan Maulana


Terbatas hanya sampai 25 Juli 2018 Paket Lengkap Mahir Web Development Bangun 5 (jenis) Project Website + Mahir Membuat Aplikasi Android

Hanya Rp 127.000 (Total 4 DVD). Dibuat oleh praktisi yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang web development (Pemesanan bisa SMS/WA ke 0838 1157 5876, atau bisa pesan secara online di sini)

Irfan Maulana

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==