Facebook Ilmuwebsite

WinDirStat : Tools Keren Untuk Mengecek Kesehatan Hardisk Anda

Mungkin anda pernah merasakan computer anda semakin hari semakin lambar, proses booting menjadi semakin lama, begitupun ketika anda membuka file atau mengcopy file. 

Kemungkinan hardisk anda bermasalah sangat tinggi ketika anda mengalami hal tersebut. Pada kesempatan kali ini saya akan mengajak teman-teman untuk mengenal aplikasi yang berfungsi untuk mengecek hardisk yakni Windirstrat.

Windirstat

Windistat merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan anda untuk melihat statistic penggunaan hardisk di computer anda, selain itu Windistat memiliki cleanup tool untuk mengoptimalkan kinerja harddisk anda. Aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis, karena aplikasi ini berlisensi GNU GPL. Berikut adalah tampilan interface dari Windirstat 


Tampilan dari windirstat ini begitu sederhana, namun anda tidak perlu meragukan lagi kemampuannya. Untuk sekelas aplikasi gratisan Windistrat memiliki kemampuan yang cukup banyak.

Windirstat akan secara otomatis terkoneksi dengan Windows Explorer, jadi anda tidak perlu repot-repot membuka lagi windows explorer saat menggunakan aplikasi ini. Karena beberapa aksi yang biasa anda lakukan di dalam Windows Explorer bisa dilakukan di dalam aplikasi ini seperti menghapus file, membuka dan lain sebagainya.

Berikut adalah tampilan yang bisa anda temui di dalam Windirstat


Treemap List,

Treemap list merukan cara Windirstat menampilkan file-file di dalam windows dalam bentuk pohon. Di dalam treemap list harddisk digambarkan sebagai batang dan file digambarkan sebagai daun. Anda bisa menemukan dua jenis Treemap List berbeda dalam aplikasi ini yakni Sequoia View dimana pusat dari tree atau pohon berada di bagian sisi kanan dan KDirStat yang akan menampilkan tree dengan pusatnya yang berada di bagian bawah. Tidak hanya sebagai tampilan, Treemap ini akan mempresentasikan sebarapa banyak sih jumlah file yang terdapat di dalam harddisk anda.

Directory List

Directory List merupakan tampilan yang sama persis seperti windows explorer pada umumnya. Hanya saja Directory list di dalam Windirstat memiliki cara sendiri untuk mengurutkan file. Setelah proses scanning selesai dilakukan, anda bisa mengurutkan folder berdasarkan folter terbesar ataupun terkecil.


Extension List

Di dalam Extension List, Windirstat menampilkan seluruh extensi file yang ada seperti halnya *.docx, *.xlsx, *.psd dan lain sebagainya. Di dalam extension list, seluruh file ditampilkan secara detail,  seperti ukuran file, presentase, jumlah file di dalam harddisk. Untuk pengurutannya sama persisi dengan windows explorer dalam mode detail, yakni anda cukup klik pada bagian atas (header) table.

Untuk mencoba aplikasi ini anda bisa langung mendownloadnya disitus resminya. Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Irfan Maulana


Download Gratis Koleksi 7 Ebook Dan 3 CD Video Tutorial Seputar Web Development - Internet Marketing!

Kabar baik untuk Anda yang ingin belajar web development dan internet marketing, kami menyediakan ebook berkualitas namun free, yang mana beberapa ebook telah menjadi modul kuliah di beberapa kampus di Indonesia. Telah mendapatkan ratusan testimoni, telah direview banyak orang, dan banyak orang juga telah mendapatkan manfaatnya. Download Klik disini

Posting Komentar

0 Komentar