Jalankan Aplikasi Android Di PC Anda ? Remix OS Saja!


Anda yang tukang ngoprek mungkin sering atau pernah mendengar bluestack. Bluestack menjanjikan aplikasi Android running di PC dengan kemudahan installasi tanpa konfigurasi, hanya saja aplikasi ini  sangat menyita memori PC bila di install dikarenakan filenya yang terlalu besar sehingga PC menjadi lemot.

Nah, baru-baru ini telah hadir aplikasi semacam Bluestack, hadir tepat pada waktunya, ditunggu-tunggu untuk melepas dahaga, yang kemungkinan akan menggantikan kehadiran bluestack ditengah-tengah keseharian Anda.

Remix OS adalah sebuah sistem operasi Android yang dioptimasi untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan ketika digunakan di PC, yang mana bisa terintegrasi dengan mouse dan keyboard yang terpasang di PC yang kita gunakan.  Untuk tampilannya memang sangat mirip dengan  OS Windows 10 hanya saja ini OS berbasis Android.

Agar dapat menggunakan Remix OS ini sebelumnya ada hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu dan Perlu Anda tahu, Remix OS ini hanya bisa digunakan sebagai sistem operasi yang hanya bisa diinstal melalui USB, based on flash drive, Anda tidak bisa menginstallnya pada hardisk sehingga jika USB dilepas Remix OS pun akan  hilang dengan sendirinya.

Berikut ini hal-hal yang dibutuhkan agar bisa menggunakan Remix OS adalah:
  • Siapkan file aplikasi Remix OS for PC.Bisa kamu download disini.
  • USB 3.0 dengan kapasitas minimal 8 GB. Mengapa menggunakan USB 3.0? ini karena Remix OS bisa dijalankan dengan USB yang mempunyai speed minimal 20Mb/s atau jika tidak menggunakannya hasilnya akan stuck di flash screen Remix OS.
  • Pastikan PC kamu memiliki arsitektur x86, karena Remix OS adalah variasi Android x86 biar sinkron.
  • PC kamu bisa melakukan boot melalui USB.

Apabila semua kebutuhannya sudah disiapkan, langkah selanjutnya yaitu penginstallan.

INSTALLASI REMIX OS

1. Langkah pertama yaitu membuat bootable USB yang berisi Remix OS. Dengan memasukan USB 3.0 ke PC lalu extract file tersebut, tampilannya sebagai berikut



2. Setelah di extract pilih file RemixOS.iso lalu jalankan, sehingga tampilannya seperti berikut.



3. Disana terdapat pilihan directori USB, pilihlah direktori USB 3.0 karena sudah disambungkan. Lalu pilih OK untuk melanjutkan.

4. Dan akan tampil seperti berikut :


Dalam proses pembuatan bootable USB ini memang membutuhkan waktu yang lumayan lama jadi tetap sabar ya buat menunggu sampai prosesnya beres!

5. Nah, setelah selesai proses tersebut Anda sudah bisa menggunakan bootable USB nya untuk menginstall Remix OS agar terpasang di PC Anda.

Bagaimana cara menggunakannya? Untuk saat ini rata-rata PC sudah mendukung untuk boot lewat USB, Anda hanya tinggal mengkonfigurasi saja agar PC Anda ketika bootable langsung mengarahkan ke USB,

Caranya mudah sajam lakukan reboot dan pilih untuk melakukan boot dari USB.

Untuk melakukan konfigurasinya Anda bisa masuk lewat BIOS atau dengan menekan tombol Del + F2 saat proses booting itu tergantung jenis PC yang Anda gunakan. Berikut gambarnya :




6. Setelah masuk ke dalam BIOS, silahkan pilih mode boot yang akan digunakan. Yang pertama adalah Guest Mode yaitu apabila kamu mencabut bootable USB maka semua aplikasi yang terinstall akan terhapus dan yang kedua adalah Resident Mode yaitu ketika kamu mencabut bootable USB dengan otomatis aplikasi dan data yang ada di OS ini akan tersimpan dan bisa di gunakan kembali nantinya.




7. Disini saya sarankan Anda memilih Resident Mode, tujuanya supaya nantinya tidak perlu ribet lagi, sehingga tidak perlu lagi menginstall dari awal.

8. Selesai, Anda sudah bisa menggunakan Remix OS dengan boot lewat USB



Mudah bukan ?  Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Sadikin Umar
Ilmuwebsite.com

Sadikin Umar

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

4 komentar:

  1. Kalo load pertama nya usb remix, berarti kita gabisa make os pc nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga bisa mba, kalo os pcnya mau tetep jalan bisa pake ini www.droid4x.com

      Hapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==