Facebook Ilmuwebsite

WT-NMP : Web Server Portable MANTAP, Jalankan Nginx PHP & MySQL Di Windows

Bagi Anda yang terbiasa dengan XAMPP, berisi Apache PHP MySQL, yang berjalan di atas windows, kemungkinan besar akan pindah kelain hati jika Anda sudah mengetahui fakta yang dilampirkan dalam artikel "5 Alasan Mengapa Beralih Dari Apache ke Nginx, Kelebihan dan Keunggulan".

Sebelumnya saya telah jelaskan juga solusinya dalam "CentMinMod : Cara Cepat Bangun Web Server Yang Ngebut Di Server Centos !" Namun sayangnya itu semua berbasis linux. Di artikel inilah dijabarkan solusi untuk windowsnya.

Apa sih WT-NMP ? Susah sekali menyebutkannya. 

WT-NMP adalah web sever paketan yang portable, sudah dikonfigurasi, ukurannya kecil, cepat, ringan, dikhususkan untuk develop aplikasi berbasis website menggunakan php dan mysql menggunakan sistem operasi windows. Semua yang disediakan didasarkan oleh pengalaman dalam penggunaan webserver yang luar biasa, yakni nginx. Anda hanya cukup mengunzip dan langsung bekerja.


Apa saja sih yang ada dalam WT-NMP?

Fitur yang ditawarkan oleh WT-NMP lumayan mengerikan, jika Anda sudah tau banyak mengenai web development, dengan WT-NMP Anda betul-betul gembira karena fitur yang disediakan. Apa saja sih fiturnya, berikut adalah fitur-fitur dari WT-NMP :
  1. Nginx web server - 1.7.4
  2. Mysql database server - 5.6.20
  3. Php scripting language - 5.4.32 & 5.5.16
  4. Node.js server-side JavaScript engine
  5. HeidiSql.exe mysql database manager
  6. WinSCP SFTP client
  7. Php Extensions: opcache, xdebug, xcache.
  8. MSmtp sendmail smtp client wrapper
  9. Composer.phar dependency manager for php
  10. Adminer.php web based mysql database manager
  11. Reg.php regular expressions tester for both PHP and JavaScript
  12. wt-nmp.exe server manager

WT-NMP Memiliki Fitur Istimewa ? 

Berikut adalah fitur istimewa yang mengharuskan Anda menggunakan WT-NMP :
  • Portable, Anda hanya perlu mengunzip saja, lalu bisa dengan mudah berpindah folder atau direktori dalam sistem operasi Anda. Dan konfigurasinya akan menyesuaikan secara otomatis. Luar biasa.
  • Sangat mudah untuk upgrade jika Ada yang terbaru, Cukup Download / Unzip / Overwrite!. Untuk membackup,  file-file konfigurasi, database, termasuk library dan project yang sedang dikerjakan tidak di replace, semuanya persisten.
  • Web server yang ringan dan cepat. Sudah dioptimasi untuk performa terbaik. Dan sudah dikonfigurasi untuk keperluan fast development.
  • Tool untuk Command linenya ada mysql client, php console, node consloe, composer , npm,
  • Kemudahan pengaksesan semua file konfigurasinya di simpan kedalam satu tempat saja ada di WT-NMP\conf, and dan semua log filenya di simpan di : WT-NMP\log.
  • WT-NMP memiliki Multiple PHP Versions dengan switchernya. 
  • WT-NMP pun memiliki server manager, yang dijalankan secara minimized di system tray, memonitor logs dan secara otomatis merestart server jika crash.
  • Anda bisa dengan mudah mengupload project, sudah tersedia fitur Sync and Anda bisa memBrowse file-file yang berada di dalam WT-NMP dengan WinSCP.
  • MySQL database menyediakan juga fasilitas untuk daily backup, keren sekali. Tersedia backup untuk 7 hari. 

Jelas-jelas WT-NMP memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan Anda menggunakan XAMPP, tapi balik lagi kepada pertanyaan apakah Anda memerlukannya? Itu pilihan Anda.

Selamat mencoba, silahkan mendownload di http://wtriple.com/wtnmp/

Semoga bermanfaat.

Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder Kaffah.biz

Download Gratis Koleksi 7 Ebook Dan 3 CD Video Tutorial Seputar Web Development - Internet Marketing!

Kabar baik untuk Anda yang ingin belajar web development dan internet marketing, kami menyediakan ebook berkualitas namun free, yang mana beberapa ebook telah menjadi modul kuliah di beberapa kampus di Indonesia. Telah mendapatkan ratusan testimoni, telah direview banyak orang, dan banyak orang juga telah mendapatkan manfaatnya. Download Klik disini

Posting Komentar

4 Komentar

  1. mas, saya mau tanya.. apakah ini bisa dipasang bersamaan dengan xampp? atau xampp yang ada di laptop kita harus diuninstal dulu? brt dengan WT-NMP ini kita bisa belajar menggunakan web server nginx?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya bakal berontak gan, apalagi ada proses mysqlnya, mungkin bisa asal diubah id processnya lagi.

      Hapus
    2. nggak bisa bersamaan gan, kecuali di rubah portnya masing-masing service

      Hapus
  2. kalau pengguna wamp gimana nih? kalau wampnya tidak aktif bisa pakai ini gak?

    BalasHapus