ProxMox : Distro Linux Keren Tangani Virtualisasi Server Jauh Lebih Mudah


Hahaha, sudah lama sekali tidak bahas linux. Yang pasti linux keren sekali, dibandingkan dengan Sistem Operasi yang lain. Meski saya menulis artikel ini menggunakan Windows 7. Sudah. Stop! Ini Aib. Jangan bilang sesiapa. :)

Baiklah, apa yang akan kita bahas kali ini merupakan solusi dari permasalahan-permasalahan yang di alami oleh para network engineering, menghadapi membludaknya kebutuhan akan penyajian dalam dunia informasi via media internet. Sehingga diperlukan sebuah infrastruktur yang cepat tangkas dalam menangani lajur data yang semakin membengkak dan user yang semakin membludak.

Apa sih proxmox? 

Sebelum lebih lanjut membahas proxmox, ada perlunya Anda mengetahui aplikasi seperti virtual box, vmware, dan aplikasi sejenisnya. Apa pula itu semua? Yang jelas beginilah logikanya, dengan vmware Anda bisa menginstall Komputer di dalam sistem operasi komputer Anda. Nah loh? Ya menginstall sistem operasi Apapun di dalam sistem operasi yang sedang ANda gunakan.

Sebagai contohnya misalkan Anda bisa menginstall sistem operasi linux dan macintosh di dalam sistem operasi windows 7 Anda. Yang jelas seolah olah Anda memiliki 1 atau banyak komputer di dalam komputer Anda sekarang ini. Nah, lalu apa fungsinya? Wah banyak sekali, Anda bisa bereksperimen akan berbagai macam sistem operasi, tidak hanya melulu mengenai sistem operasi, tapi masalah jaringannya juga.

Anda bisa mensimulasikan layaknya banyak komputer dalam jaringan, semuanya hanya menggunakan 1 komputer milik Anda. Anda bisa bangun jaringan komputer di dalam satu komputer Anda. Pokoknya keren sekali lah. Bagi Anda yang seorang mahasiswa, dosen, atau peneliti yang bergelut dalam dunia IT khususnya berhubungan dengan sistem operasi, jaringan komputer, dan sistem keamanan, aplikasi yang seperti ini sangat memudahkan kehidupan Anda pastinya. Virtual Machine, Virtualisasi Server akhirnya menghidupkan jasa VPS (Virtual Private Server), Server yang berjalan di dalam server.

Lalu Apa Kelebihan Proxmox?

Wah ketika berbicara proxmox, saya jadi balik tanya, apa sih yang bisa dilakukan oleh windows untuk menangani luasnya masalah jaringan? Facebook, Google, Yahoo, perusahaan IT Raksasa menggunakan Linux sebagai tulang punggungnya. Kalaupun ada sistem operasi lain yang hampir bisa menyamai, tapi harus membayar sejumlah uang yang ... Anda tau sendirilah, memakan biaya. Padahal kalo Anda bisa menghandlenya dengan linux, uangnya bisa di pake makan bakso, mie ayam, traktir saya... Asiikk.. :D, Dan sisanya bisa di sumbangkan ke ilmuwebsite.com, untuk dibagi-bagikan kepada para penulisnya. Mantap nggak? Nggak usah ada yang protes ah.




Jelasnya proxmox betul-betul memiliki keluar biasaan yang betul-betul luar biasa. Proxmox distro yang berbasis debian ini dikonfigurasikan secara web based. Proxmox memungkinkan sebuah virtual machine berjalan diatas satu kernel linux, sehingga proses booting, dan lain-lain itu betul-betul sangat cepat. Installasi proxmox pun luar biasa cepat, konfigurasi nya tidak terlalu banyak, dan mudah sangat. Sudah disediakan Container-container berbagai macam variant linux, juga windows. Proses  backup satu sistem operasi jauh lebih cepat dan mudah. Cukup kopas saja. Coba bayangkan proses cluster cepat dan mudah, jika harddisk sudah tidak cukup, Anda cukup tancapkan saja harddisknya tinggal mounting saja, dan proxmox yang mengkonfigurasikannya untuk Anda. Kalo harddisk sudah kebanyakan tinggal di cluster saja komputer tambahan, dengan proxmox jadi jauh lebih mudah. Luar biasa lah. Anda patut mencobanya. Silahkan download secara gratis di sini https://www.proxmox.com/ sedangkan untuk template containernya silahkan download secara gratis di https://wiki.openvz.org/Download/template/precreated

Mau mencoba ? Silahkan tengok videonya https://www.youtube.com/watch?v=Sjy0jll0Rx4


Loka Dwiartara
Admin ilmuwebsite.com
Founder Kaffah.biz



Ilmu Website

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

1 komentar:

  1. nice info min :D
    jangan lupa mampr juga www.anditii.web.id

    BalasHapus

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==